Sabtu, 16 Oktober 2010

Live Streaming Television


Sebelum kita menjurus kepada tv channel apa yang akan kita bahas, pertama-tama alangkah lebih baik jika kita mengetahui pengertian live streaming itu sendiri.





Pengertian :


Mungkin saat ini, di telinga kita sudah tidak asing lagi mendengar dua kalimat yang berikut ini. Atau bahkan di antara teman-teman sekalian sudah ada yang menggunakan aplikasi ini dalam kehidupan sehari-hari.


Streaming : Proses penghantaran data dalam aliran berkelanjutan dan tetap yang memungkinkan pengguna mengakses dan menggunakan file sebelum data dihantar sepenuhnya


Video streaming : Istilah yang dipergunakan untuk mendengarkan siaran video secara live melalui Internet. Berbeda dengan cara lain, yakni men-download file dan menjalankannya di komputer kita bila download-nya sudah selesai, dengan streaming kita dapat mendengarnya langsung tanpa perlu mendownload file-nya sekaligus. Dengan teknologi video streaming ini memungkinkan kita menonton televisi melalui Internet.





HARDWARE:


Perangkat keras yang di gunakan untuk dapat menikmati live streaming ini yaitu Digital Rapids. Yang akan kita bahas yaitu Digital rapids Stream 3.4 encoder upgrade yang merupakan hardware upgrade dari hardware sebelumnya.




Digital Rapids Meluncurkan Stream 3.4 Encoder Upgrade dengan Dukungan JPEG2000 Enhanced, Flux Enhancements dan Lainnya



fitur baru lainnya termasuk H.264 dan-encoding tambahan 2 MPEG dan pesan penyisipan SEI untuk-kompatibel 3D frame

IBC 2010, Amsterdam, Stand 7.G41: Digital Rapids - penyedia terkemuka alat dan solusi untuk membawa televisi, film dan konten Web untuk khalayak yang lebih luas - telah meluncurkan versi baru dari perangkat lunak Stream untuk perusahaan StreamZ , StreamZHD , DRC-Stream dan Flux encoding dan live streaming solusi. Fitur baru di Stream 3.4 termasuk signifikan meningkatkan JPEG2000, H.264 dan MPEG-2 encoding; penanganan sumber sinyal yang kuat dan AC3 (Dolby ® Digital) audio pass-through dengan platform perangkat keras Flux baru; SEI penyisipan pesan untuk 3D frame-yang kompatibel; dan perangkat tambahan lebih lanjut untuk pengkodean untuk Apple ® iPhone ™ ® dan iPad.



Stream 3.4 fitur tambahan yang signifikan untuk encoding dan decoding format kompresi JPEG2000. Dukungan untuk format JPEG2000 dalam ruang warna YUV dan decoding dari sumber JPEG2000 dengan pencahayaan dipisahkan dan fleksibilitas chrominance meningkatkan dan kompatibilitas dengan solusi JPEG2000 berbasis pihak ketiga.. Versi 3.4 juga mencakup peningkatan lebih lanjut untuk yang terbaik di kelasnya kinerja Digital Rapids solusi 'MPEG-2 dan H.264 kualitas encoding, dan configurability teknis yang mendalam.



Untuk pengguna encoding dan streaming berdasarkan solusi hardware baru Flux Digital Rapids ', Stream 3.4 pengembangan fitur penanganan penyimpangan atau gangguan pada sinyal yang masuk sumber digital atau analog. SDI sinyal yang masuk bahkan dapat diaktifkan antara HD dan SD sumber tanpa mengganggu dalam proses encoding dan streaming sistem Flux-based juga. Keuntungan AC3 (Dolby Digital) audio pass-through dengan versi 3.4, memungkinkan input audio AC3-terkompresi untuk digabungkan dengan video yang baru-encoded tanpa kompresi audio-ulang.



Stream 3.4 memperluas Rapids Digital Studio Encoder AVC modul dengan kemampuan untuk menyisipkan Packing Frame Pengaturan pesan SEI selama encoding H.264 untuk frame-kompatibel aplikasi stereoscopic 3D. 3D pengiriman Frame-kompatibel menggabungkan representasi anamorphic atau sub-sampel dari mata-kiri dan konten yang tepat-mata untuk kompatibilitas dengan distribusi televisi yang ada infrastruktur dan jasa. Pengunjung ke Rapids Digital berdiri di pameran 2010 IBC juga sedang disuguhi preview Multiview Video Coding (MVC) 3D kemampuan encoding, yang akan tersedia dalam versi perangkat lunak Stream berikutnya. MVC, yang digunakan dalam 3D spesifikasi Blu-ray, merupakan perpanjangan dari spesifikasi kompresi video H.264 dan memungkinkan resolusi sumber penuh setiap mata harus dipertahankan selama pengkodean untuk melihat 3D.



Fitur baru lainnya dalam versi 3.4 mencakup perangkat tambahan untuk pengkodean untuk adaptif streaming ke perangkat Apple dan berbagai penambahan dan perbaikan "Versi 3.4 merupakan upgrade ketiga signifikan kami dari perangkat lunak Stream tahun ini, yang masing-masing telah menambahkan fitur baru yang kuat dan perbaikan alur kerja," kata Darren Gallipeau, Product Manager di Digital Rapids. "S Stream 3.4 'tambahan dan ekstensi untuk kemampuan pengkodean dan sinyal input penanganan lebih lanjut memperluas memimpin kami dalam kualitas encoding multi-format, kinerja fleksibilitas, dan keandalan."



Stream 3.4 lunak ini tersedia dalam dua konfigurasi perangkat lunak - inti Stream LE dan Stream maju FE dengan otomatisasi alur kerja diperluas, kemampuan integrasi dan mendukung format. Perbandingan ketersediaan fitur antara kedua tingkat tersedia pada website kami. Versi 3.4 update akan tersedia pada Q4 sebagai download gratis bagi pemilik terdaftar dari Stream versi 3.0 atau lebih tinggi dengan persetujuan perawatan saat ini, dan sebagai upgrade dikenakan biaya untuk pengguna versi 2.6 atau sebelumnya.



Kisaran lengkap solusi Digital Rapids untuk mengubah dan memberikan media ini telah dipamerkan di 7.G41 nomor stan di pameran 2010 IBC di Amsterdam. Untuk informasi lebih lanjut tentang digital Rapids, silakan kunjungi www.digital-rapids.com. 





SOFTWARE:





Perangkat lunak yang digunakan untuk dapat memanfaatkan aplikasi live streaming ini yaitu Adobe flash player.





Kali ini kita akan masuk kepada pembahasan mengenai Adobe flash player.
 
Adobe Flash (dahulu bernama Macromedia Flash) adalah salah satu perangkat lunak komputer yang merupakan produk unggulan Adobe Systems. Adobe Flash digunakan untuk membuat gambar vektoranimasi gambar tersebut. Berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunyai file extension.swf dan dapat diputar di penjelajah web yang telah dipasangi Adobe Flash Player. Flash menggunakan bahasa pemrograman bernama ActionScript yang muncul pertama kalinya pada Flash 5. maupun






Sebelum tahun 2005, Flash dirilis oleh Macromedia. Flash 1.0 diluncurkan pada tahun 1996 setelah Macromedia membeli program animasi vektor bernama FutureSplash. Versi terakhir yang diluncurkan di pasaran dengan menggunakan nama 'Macromedia' adalah adalah Macromedia Flash 8. Pada tanggal 3 Desember 2005 Adobe Systems mengakuisisi Macromedia dan seluruh produknya, sehingga nama Macromedia Flash berubah menjadi Adobe Flash.






Adobe Flash merupakan sebuah program yang didesain khusus oleh Adobe dan program aplikasi standar authoring tool professional yang digunakan untuk membuat animasi dan bitmap yang sangat menarik untuk keperluan pembangunan situs web yang interaktif dan dinamis. Flash didesain dengan kemampuan untuk membuat animasi 2 dimensi yang handal dan ringan sehingga flash banyak digunakan untuk membangun dan memberikan efek animasi pada website, CD Interaktif dan yang lainnya. Selain itu aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membuat animasi logo, movie, game, pembuatan navigasi pada situs web, tombol animasi, banner, menu interaktif, interaktif form isian, e-card, screen saver dan pembuatan aplikasi-aplikasi web lainnya. Dalam Flash, terdapat teknik-teknik membuat animasi, fasilitas action script, filter, custom easing dan dapat memasukkan video lengkap dengan fasilitas playback FLV. Keunggulan yang dimiliki oleh Flash ini adalah ia mampu diberikan sedikit code pemograman baik yang berjalan sendiri untuk mengatur animasi yang ada didalamnya atau digunakan untuk berkomunikasi dengan program lain seperti HTML, PHP, dan Database dengan pendekatan XML, dapat dikolaborasikan dengan web, karena mempunyai keunggulan antara lain kecil dalam ukuran file outputnya






Movie-movie Flash memiliki ukuran file yang kecil dan dapat ditampilkan dengan ukuran layar yang dapat disesuaikan dengan keingginan. Aplikasi Flash merupakan sebuah standar aplikasi industri perancangan animasi web dengan peningkatan pengaturan dan perluasan kemampuan integrasi yang lebih baik. Banyak fiture-fiture baru dalam Flash yang dapat meningkatkan kreativitas dalam pembuatan isi media yang kaya dengan memanfaatkan kemampuan aplikasi tersebut secara maksimal. Fiture-fiture baru ini membantu kita lebih memusatkan perhatian pada desain yang dibuat secara cepat, bukannya memusatkan pada cara kerja dan penggunaan aplikasi tersebut. Flash juga dapat digunakan untuk mengembangkan secara cepat aplikasi-aplikasi web yang kaya dengan pembuatan script tingkat lanjut. Di dalam aplikasinya juga tersedia sebuah alat untuk men-debug script. Dengan menggunakan Code hint untuk mempermudah dan mempercepat pembuatan dan pengembangan isi ActionScript secara otomatis.






Dalam pembahasan kali ini, adobe flash player lebih kepada fungsinya untuk menampilkan gambar atau video. Dengan adanya adobe flash player, kita dapat menikmati live streaming yang ada di internet. Jika kita belum menginstall adobe flash playet, maka kita tidak akan bisa menikmati layanan live streaming. Karena tidak akan ada video yang muncul pada layar monitor kita.

Sumber : http://translate.googleusercontent.com/translate_c?hl=id&sl=en&u=http://www.digital-rapids.com/News/Press%2520Releases/2010IBCStream34.aspx&prev=/search%3Fq%3Dsoftware%2Bdan%2Bhardware%2Blive%2Bstreaming%2Btv%26hl%3Did%26biw%3D1024%26bih%3D584&rurl=translate.google.co.id&usg=ALkJrhj_QYyvz5VKSJo3gos1xVtyk_-70A
http://id.wikipedia.org/wiki/Adobe_Flash

http://www.total.or.id/info.php?kk=Streaming

contoh live streaming :





 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar